Promosi pada
dasarnya adalah bentuk komunikasi pemasaran. Promosi meliputi semua
kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam menyampaikan informasi,
mempengaruhi, membujuk, dan mengkomunikasikan produknya kepada pasar
sasaran agar mereka bersedia menerima, membeli dan loyal kepada
produk yang ditawarkan.
Dalam hal ini,
promosi produk-produk
BMT Barokah
dilakukan melalui aktivitas Word of mouth untuk meningkatkan pasar
sasaran dan produknya yang ada di pasar, karena aktivitas ini
dianggap lebih efisien dan efektif didalam mengkomunikasikan
produk-produk simpan pinjam syariah kepada masyarakat
atau para pengusaha sektor riil dan mikro yang merupakan pasar
sasarannya.
Membangun komunikasi
dan informasi yang persuasif kepada masyarakat merupakan faktor yang
diprioritaskan oleh BMT Barokah. Ada dua bentuk komunikasi yang
diterapkan dalam menyampaikan informasi kepada pasar sasaran.
Pertama,
eksternal kedua,
internal.
Secara eksternal
komunikasi disampaikan melalui media dakwah dengan mendoktrinasi
ummat lewat majlis
ta`lim,
melakukan komunikasi yang baik dengan pihak-pihak yang berpengaruh
dihadapan masyarakat dan menyakinkan mereka akan keamanan dana
penabung, dll.
Sedangkan membangun
komunikasi secara internal adalah dengan bentuk menciptakan jaringan
yang solid dilevel karyawan dengan sistem pengembangan jaringan satu
nasabah bisa menginformasikan produk dan lembaga keuangan BMT Barokah
kepada sepuluh calon nasabah dan seterusnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar