Penetapan
harga produk-produk BMT BAROKAH menggunakan metode penetapan harga
berbasis laba yang dapat menyeimbangkan pendapatan dan biaya atau
penetapan harga yang berdasarkan atas dasar target volume laba
spesifik yang dinyatakan dalam bentuk persentase terhadap penjualan
atau investasi.
Sedangkan
bentuk penetapan harga yang digunakan dalam metode penetapan harga
berbasis laba ini adalah Target Return On Investment Pricing, yaitu
rasio antara laba dengan investasi total yang ditanamkan perusahaan
pada fasilitas produksi dan asset yang mendukung produk-produk BMT
BAROKAH.
ROI
= Biaya perunit + pengembalian yang diinginkan x
modal
yang diinvesasikan
----------------------------------------------------------
Jumlah
penjualan yang diharapkan
ROI =15.000,
00 + 25% x Rp 50.000.000
------------------------
7200
ROI =
Rp 15.000,00 + 12.500.000
-------------
7200
ROI =
Rp 15.000,00 + 1736,1
ROI =
Rp 16.736 per unit produk
Contoh
kasus:
Bapak
Ahmad bermaksud untuk berjualan “cilok” namun karena keterbatasan
dana yang ia miliki maka Bapak Ahmad mengajukan pembiayaan kepada BMT
BAROKAH dengan akad
Qardh hasan
sebesar Rp 500.000 pada tanggal 1 April 2012 dan akan dilunasi pada
tanggal 1 Mei 2012. Setelah jatuh tempo, Bapak Ahmad melunasi hutang
tersebut sebesar Rp 516.736, yakni, dengan tambahan Rp 16.736. maka
uang Rp 16.736 yang diberikan Bapak Ahmad tersebut dinamakan hasan,
karena
adanaya sedekah dalam akad tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar