Senin, 28 Mei 2012

Penetapan harga produk-produk BMT BAROKAH


Penetapan harga produk-produk BMT BAROKAH menggunakan metode penetapan harga berbasis laba yang dapat menyeimbangkan pendapatan dan biaya atau penetapan harga yang berdasarkan atas dasar target volume laba spesifik yang dinyatakan dalam bentuk persentase terhadap penjualan atau investasi.
Sedangkan bentuk penetapan harga yang digunakan dalam metode penetapan harga berbasis laba ini adalah Target Return On Investment Pricing, yaitu rasio antara laba dengan investasi total yang ditanamkan perusahaan pada fasilitas produksi dan asset yang mendukung produk-produk BMT BAROKAH.

ROI = Biaya perunit + pengembalian yang diinginkan x modal yang diinvesasikan
                                  ----------------------------------------------------------
                                               Jumlah penjualan yang diharapkan

ROI =15.000, 00 + 25% x Rp 50.000.000
                      ------------------------
                                7200

ROI = Rp 15.000,00 + 12.500.000
                            -------------
                                 7200
ROI = Rp 15.000,00 + 1736,1
ROI = Rp 16.736 per unit produk

Contoh kasus:
Bapak Ahmad bermaksud untuk berjualan “cilok” namun karena keterbatasan dana yang ia miliki maka Bapak Ahmad mengajukan pembiayaan kepada BMT BAROKAH dengan akad Qardh hasan sebesar Rp 500.000 pada tanggal 1 April 2012 dan akan dilunasi pada tanggal 1 Mei 2012. Setelah jatuh tempo, Bapak Ahmad melunasi hutang tersebut sebesar Rp 516.736, yakni, dengan tambahan Rp 16.736. maka uang Rp 16.736 yang diberikan Bapak Ahmad tersebut dinamakan hasan, karena adanaya sedekah dalam akad tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar