Menurut
Jerome Mc Carthy produk dan price adalah komponen dari tawaran
(offers),
sedangkan
place dan promotion adalah komponen dari akses (accses).
Karena
itu, yang dimaksud marketing mix adalah bagaimana mengintegrasikan
tawaran dari perusahaan (Company`s
offers) dengan
akses yang tersedia (Company`s
acces).
Proses pengintegrasian inilah yang menjadi kunci kesuksesan sebuah
perusahaan. ( Hermawan, 2006:177)
Dalam
menentukan places atau saluran distribusi, BMT BAROKAH akan
mengutamakan tempat-tempat yang sesuai dengan target market (
berlokasi di sekitar lingkungan pasar tradisional) agar dapat
mendorong dan membantu para pengusaha kecil dari segi permodalannya.
Karena, dana merupakan modal kerja yang sangat dibutuhkan bagi
pengusaha mikro dan menengah di sektor riil, sehingga pendistribusian
produk syariah dapat berjalan dan berkembang secara efektif dan
efisien.
Lokasi
di sekitar pasar tradisional merupakan lokasi yang strategis dan
potensial bagi perkembangan BMT BAROKAH, hal ini dikarenakan lokasi
tersebut memberikan kontribusi besar yang dapat mempermudah para
nasabah atau pengusaha mikro untuk mencapai dan mendapatkan
produk-produk yang ditawarkan oleh BMT BAROKAH sesuai dengan
kebutuhan mereka.
Jenis
Saluran Distrubusi BMT BAROKAH
Jenis
saluran distribusi BMT BAROKAH adalah saluran distribusi satu
tingkat (one
level chanel),
karena terdapat satu perantara pemasaran diantara BMT BAROKAH dan
nasabah.
Agen
/ Cabang BMT BAROKAH: perantara pemasaran diantara BMT BAROKAH dengan
nasabah yang mengoperasikan segala produk-produk syariah kepada para
nasabah atau masyarakat sesuai dengan kebutuhan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar