Senin, 28 Mei 2012

STRATEGI PRODUK BMT BAROKAH

BMT BAROKAH menghimpun dana dari anggota dan calon anggota atau masyarakat dengan akad Wadi’ah atau Mudhorobah/Qirodh atau Qard. Sedangkan peminjaman atau pembiayaan dengan menggunakan salah satu diantara lima akad yaitu: Mudhorobah/Qiradh, Musyarokah/Syirkah, Murabahah, Bai’ Bitsaman Ajil dan Qord Hasan.
Dalam mu’amalah pola syari’ah tidak menggunakan imbalan bunga, tapi menggunakan imbalan bagi hasil untuk Mudhorobah dan musyarokah atau imbalan laba untuk Murobahah dan Bai’ Bitsamanil Ajil (BBA). Qord Hasan biasanya dipakai untuk kegiatan yang bersifat sosial (nirlaba).
      1. Produk Inti (Core Product)
      1. Tabungan.
Pemilik harta (Sohibul Maal) menyimpan dananya di BMT BAROKAH dengan akad Mudhorobah Mutlaq atau Qord atau Wadi’ah Yadud Dhomanah. Keuntungan bagi penabung : (1) pahalanya berlipat 18 kali apabila diniatkan untuk menghutangi. (2) aman dan terhindar dari riba dan haram (3) ikut membantu sesama umat (Ta’awun). (4) mendapat imbalan bagi hasil yang halal.
2. Pembiayaan
BMT BAROKAH memberikan pembiayaan kepada anggota atau masyarakat yang membutuhkan dana untuk membiayai usahanya dengan menggunakan menggunakan imbalan bagi hasil dan imbalan laba.
3. Mudhorobah Berjangka (Deposito)
Simpanan ini bisa ditarik berdasarkan jangka waktu yang telah disepakati yaitu tiga bulan, enam bulan, sembilan bulan, atau dua belas bulan. Keuntungan bagi mitra yaitu : (1) sama dengan keuntungan bagi mitra. (2) nisbah (proporsi) bagi hasil lebih besar dari pada tabungan .(3) bisa dijadikan sebagai jaminan pembiayaan.

      2. Produk Aktual (Actual Product)
Seorang perencana produk harus menciptakan produk aktual (actual product) disekitar produk inti. Karakteristik dari produk aktual diantaranya, tingkat kualitas, nama merek, kemasan yang dikombinasikan dengan cermat untuk menyampaikan manfaat inti (Kotler & Amstrong, 2001:348).
Produk Aktual (Actual Produk) di BMT BAROKAH yaitu :
  1. Tabungan umum
Tabungan yang bisa diambil setiap saat.
  1. Tabungan pendidikan
Tabungan yang akan digunakan untuk pembiayaan pendidikan. Dapat diambil untuk pembayaran pendidikan sesuai kesepakatan bersama.
  1. Tabungan Idul Fitri
Tabungan untuk memenuhi kebutuhan hari raya Idul Fitri dapat diambil satu kali dalam setahun yaitu menjelang hari Raya Idul Fitri atau sebulan sebelum hari raya Idul Fitri.
  1. Tabungan ibadah Qurban
Tabungan sebagai sarana untuk memantapkan niat untuk melaksanakan ibadah qurban pada hari raya Idul Adha atau hari-hari tasyriq. Pengambilan hanya dapat dilakukan menjelang hari raya Idul Adha (sebulan sebelumnya).
  1. Tabungan Walimah
Tabungan yang digunakan untuk membiayai walimah (pernikahan dan lainnya). Pengambilan hanya dapat dilakukan menjelang pelaksanaan pernikahan.
  1. Tabungan Ziarah / wisata
Tabungan untuk keperluan ziarah/wisata. Pengambilan dapat dilakukan sesuai dengan kesepakatan penabung.
Adapun Produk Aktual pembiayaan di BMT BAROKAH adalah memberikan pembiayaan dengan menggunakan skema sebagai berikut:
  1. Mudhorobah (Trust Financing, Trust Invesment)
Pembiayan modal kerja sepenuhnya oleh BMT BAROKAH, sedangkan nasabah menyediakan usaha dan menejemennya. Hasil keuntungan akan dibagikan sesuai dengan kesepakatan bersama berdasarkan ketentuan hasil.
  1. Murobahah
Pembiayaan jual beli yang pembayaran dilakukan pada saat jatuh tempo dan satu kali lunas beserta mark-up (laba) sesuai dengan kesepakatan bersama.
  1. Musyarokah (penyertaan)
Pembiayaan berupa sebagian modal yang diberikan kepada anggota dari modal keseluruhan. Masing-masing pihak bekerja dan memiliki hak untuk turut serta mewakili atau menggugurkan haknya dalam menejemen usaha tersebut. Keuntungan dari usaha ini akan dibagi menurut proporsi penyertaan modal sesuai dengan kesepakatan bersama.
  1. Bai’ Bitsamanil Ajil ( investasi)
Pembiayan dengan sistem jual beli yang dilakukan secara angsuran terhadap pembeliaan suatu barang. Jumlah kewajiban yang harus dibayar oleh nasabah sebesar jumlah harga barang yang di mark–up yang telah disepakati bersama.
      3. Produk Tambahan
Produk tambahan yang ditawarkan oleh BMT BAROKAH kepada anggota dan nasabahnya adalah menanggapi dengan baik saran dan kritik yang konstruktif dari para anggota dan masyarakat di sekitarnya serta memberikan pelayanan yang cepat dan baik kepada para anggota dan nasabahnya yang mempunyai masalah atau pertanyaan di segala bentuk transaksinya .
Umumnya barang konsumen dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis yaitu:
  1. Convinience Goods
  2. Shopping Goods
  3. Specially Goods
  4. Unsought Goods
Produk-produk yang ditawarkan oleh BMT BAROKAH kepada masyarakat dan pangsa pasarnya adalah termasuk produk-produk Shopping Goods yang mengalami proses pemilihan dan perbandingan (Nisbah, Margin, fee, dan Model) oleh nasabah dan anggota dengan berbagai alternatif dan produk lain yang tersedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar